Akibat Tinggi Curah Hujan, Ribuan Hektar Lahan Masyarakat Amblas Di Bengkalis

Kab.Bengkalis, Politik243 kali dibaca

BENGKALIS, DELIKNEWS24 – Ribuan hektare lahan perkebunan masyarakat yang terdampak abrasi di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, amblas akibat tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

“Luas lahan yang amblas sudah mencapai ribuan hektare, lahan tersebut terdiri dari perkebunan masyarakat yang terdampak abrasi dan merupakan lahan gambut dengan ketebalan mencapai empat meter,” ujar Kepala Desa Simpan Ayam Mujiono, dilansir dari Antaranews.com, Minggu (11/12/2022).

Dikatakan Kades, lokasi amblasnya lahan tersebut saat ini sudah mencapai ke jalan desa yang digunakan masyarakat sehari-hari, dan kejadian ini sudah lama berlangsung serta sudah pernah diinformasikan ke pihak terkait namun tidak ada tanggapan dari Pemkab Bengkalis maupun Provinsi Riau.

“Amblasnya lahan ini selain akibat curah hujan yang tinggi juga diakibatkan tidak berfungsinya kanal-kanal dari perusahaan PT Meskom Agro Sarimas (MAS). Apabila tidak cepat ditanggulangi, dikuatirkan lahan yang amblas makin meluas hingga ke permukiman penduduk,” ujar Kades.

Kades juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas perkebunan di lokasi yang mengalami kejadian itu agar tidak menimbulkan korban jiwa.

“Kami minta kepada masyarakat Desa Simpang Ayam untuk tidak melakukan aktivitas di wilayah yang terdampak abrasi,” pinta Kades.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *