Hadir di Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Wabup Husni : Hasil Survey SGI Jadi Bahan Evaluasi Kita

Kab.Siak, Politik170 kali dibaca

PEKANBARU, DELIKNEWS24- -Wakil Bupati Siak Husni Merza menghadiri acara Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting dan Rakerda Program Bangga Kencana Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023 di Hotel Pangeran Pekanbaru, Kamis (9/2/2023) dibuka langsung Wakil Gubernur Riau Birgen TNI (Purn) Edy Natar Nasution.

Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting dan Rakerda Program Bangga Kencana Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023 dilaksanakan dalam rangka penguatan sinergitas kemitraan para pemangku kepentingan dan mitra kerja dalam peningkatan penggerakan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Bertema “Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Melalui Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting dan Pencapaian Program Bangga Bencana”.

Wakil Bupati Siak Husni Merza saat di temui usai acara mengatakan meski dari hasil survey Standar Gizi Indonesia (SGI) yang dilakukan secara sample tahun 2022 lalu, angka prevalensi stunting Siak naik dari 19 menjadi 22 persen.

“Jika dibandingkan data tersebut dengan penimbangan balita yang tiap bulannya kita lakukan. Itu berbeda sebenarnya, justru kita turun dibawa 10 persen. Tapi berdasarkan survey dari Kementrian Kesehatan dilakukan Standar Gizi Indonesia (SGI) ternyata naik jadi 22 persen,”ucapnya.

Terkait data tersebut Wahup Husni telah memerintahkan Dinas Kesehatan dan Dinas DP3KB untuk mengecek dari 610 sempel, Hanya 584 yang mau dijadikan sampling. Dari 584 sampling itu, ditemukan anak diduga mengalami stunting tapi itu bervariasi, itu menurut SGI.

“Namun ini menjadi evaluasi juga bagi kita, Saya mintak dinas terkait tolong betul-betul cek. 26 anak ini apa betul mereka stunting atau seperti apa dan perlu kita diskusikan lagi,”terang Husni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *