Kembali Gelar Pangan Murah Cara Pemkab Siak Kendalikan Inflasi

Kab.Siak, Politik163 kali dibaca

SIAK, DELIKNEWS24- Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM). Kali ini memilih lokasi di Halaman Kantor Camat Siak Jalan Sultan Syarif Ali, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak, Selasa (27/12/2022).

Gerakan Pangan Murah (GPM) merupakan cara Pemkab Siak hadir di tengah masyarakat. Terutama dalam menjaga ketersediaan bahan pangan dan stabilitas harga, guna mengantisipasi dari pengaruh terjadinya inflasi. Demikian dikatakan Bupati Siak Alfedri usai membuka acara Gerakan Pangan Murah (GPM) di hadapan ratusan masyarakat yang hadir pada saat itu.

“Gerakan Pangan Murah (GPM) ini sudah di gelar di empat titik, di dua kecamatan kota, yaitu Kota Siak dan Mempura. Biasanya menghadapi Natal, Tahun Baru (Nataru) dan Idul Fitri sering terjadi kenaikan harga pangan, karena itu pemerintah harus hadir, terus intervensi melalui gerakan pasar murah,” jelasnya.

Bupati Alfedri juga menyampaikan untuk tahun depan Gerakan Pangan Murah (GPM) akan dilaksanakan di 14 kecamatan, dengan harapan bahan pangan tersedia dengan harga dapat dijangkau masyarakat. Ia juga bilang ketersediaan pangan untuk tiga bulan kedepan aman.

“Makanya kita sudah programkan di tahun 2023, pasar murah ini kita laksanakan di 14 kecamatan, di programkan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga Dinas Ketahanan Pangan kerjasama Badan Ketahanan Pangan Nasional. Dengan harapan harga bisa terjangkau oleh masyarakat” kata dia.

Bupati Alfedri ingin bagaimana bahan pangan tersedia harganya terjangkau oleh masyarakat, saat ini Pemerintah mendorong masyarakat berkebun dengan manfaatkan lahan pekarangan rumah.

“Selain kita meningkatkan produksi pertanian terutama pangan seperti beras,cabe dan bawang. Melalui gerakan menanam kita juga melakukan kegiatan operasi pasar, termasuk pasar murah yang hari ini kita laksanakan,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *