Hobi Baca Pria Sepuh Jadi Motivasi Anak Muda

Uncategorized51 kali dibaca

SIAK, DELIKNEWS24- Jum’at siang itu, pengunjung pustaka keliling kegiatan bujang kampung Sri Gemilang, Koto Gasib tampak sepi. Waktu menunjukan pukul 11.15 WIB, terlihat seorang pria sepuh memakai baju batik biru celana coklat berdiri di samping mobil pustaka sambil membaca buku.

Bersamanya, terlihat juga beberapa orang siswa sekolah dasar duduk lesehan beralas tikar, sambil membolak-balik buku. Saat didekati, kakek itu sedikit kaget. Namun, dia langsung tersenyum saat reporter media center bertanya dan ia langsung memperkenalkan diri.

“Saya Nazaruddin ke sini, ingin melihat-lihat buku. Kebetulan sekarang saya baca buku agama judulnya”ada surga untuk pembunuh 99 orang,”ujar, Nazaruddin mengaku berusia 68 tahun dan warga asli Sri Gemilang, kecamatan Koto Gasib, kabupaten Siak Itu.

Ayah tujuh anak itu, memiliki hobi membaca dan nonton berita, usia senja tak menjadi alasannya, untuk mendapatkan ilmu dengan membaca buku di pustaka keliling miliki Dinas Perpustakaan Siak. Hampir 1 jam ia berada di pustaka keliling itu, sudah satu buku pula ia selesaikan.

Menurutnya, membaca membuka cakrawala, menemukan hal-hak baru. Menambah pengetahuan baru. Makin banyak baca, makin banyak tahu segalaman hal.

“Sayang, pustaka ini sampai pukul 04 sore, dan buku pun tak bisa di bawa balik. Buku ini belum selesai saya baca, sangat bagus isinya, motivasi tentang agama,”kata dia.

Kakek 16 cucu itu, hanya tamat sekolah kejar paket C dan ke kesehariannya berkebun. Di usianya 68 tahun, semangatnya tidak kalah dengan anak-anak SD di sampingnya, untuk melihat dan membaca buku bermanfaat.

Ini menjadi motivasi bagi anak-anak muda dan pelajar, yang hidup di zaman serba online dengan telepon pintar nya dan dampak negatif dari sosial media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *