Tim ASA 2023, Nilai Siak Layak Wakil Indonesia

Uncategorized37 kali dibaca

SIAK, DELIKNEWS24- Kementrian Kesehatan RI menetapkan kabupaten Siak satu dari sebelas kabupaten dan kota di indonesia masuk nominasi dalam ajang Asean Smoke Free Award (ASA) 2023 atau Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Asean Smoke Free Award (ASA) tindak lanjut Asean bebas rokok, merupakan hasil pertemuan ke 4 Asean yang berlangsung di Laos pada Maret 2018 lalu. Forum itu menyepakati usulan pemberian Asean Smoke Free Award (ASA) kepada provinsi/ kabupaten/kota di tingkat regional, yang menerapkan regulasi tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) bukan hal yang baru bagi Siak, Karena menurut nya kabupaten Siak sudah memiliki Perda nomor 13 tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sejak enam tahun lalu.

“Tentu satu kebanggan bagi kami, bahwa kabupaten Siak terpilih menjadi agenda besar Asean Smoke Free Award (ASA) tahun 2023 ini. Yang terpilih menjadi nominasi 11 kabupaten dari seluruh Indonesia. Tentu ini menjadi hal yang luar biasa bagi kami warga kabupaten Siak,” Ujar Wakil Bupati Siak Husni Merza, saat menyambut tim monitoring evaluasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR), beranggota lintas kementrian untuk Asean Smoke Free Award (ASA) di kabupaten Siak, Berlangsung di Zamrud Room, Komplek Abdi Praja, Kota Siak Sri Indrapura Rabu (6/9/2023).

Momentum hari ini, kata Husni menjadi kekuatan tambahan bagi pemerintah daerah siak untuk terus meningkatkan kinerja kawasan tanpa rokok. “Semoga kabupaten siak menjadi bagian yang terpilih dalam ajang ASA tahun 2023 nanti” harapannya.

Terkait agenda ini, sebelumnya Pemkab Siak telah mendeklarasikan kawasan tanpa rokok di pimpin langsung Wakil Bupati Siak Husni Merza di ikuti pimpinan OPD di saksikan ribuan ASN pada upacara senin bersama di halaman kantor Bupati Siak.

Di hadapan para tim penilai, Wabup Husni menyampaikan langkah-langkah konkret yang dapat mendukung Perda KTR yaitu, dengan membuat aturan larangan merokok di tempat umum dan tempat kerja, melakukan kampanye penyadaran masyarakat tentang bahaya rokok di seluruh kecamatan dan perintah hidup sehat.

“ASA 2023 adalah kesempatan bagi kita untuk melihat sejauh mana kita telah mencapai tujuan dan mengidentifikasi area dimana kita perlu melakukan perbaikan lebih lanjut dalam upaya kawasan tanpa rokok,”singkat Husni.

Ketua tim kerja PPAT Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementrian Kesehatan RI Benget Saragih menyampaikan dalam mendukung kegiatan ASA 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *