Menjadi Salah Satu Akses Terdekat Warga, Jembatan Alai Ambruk

MERANTI, DELIKNEWS24.COM - Jembatan Alai Desa Panglima Sampul, Sungai Perumbi, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, ambruk.

 

Kejadian tersebut berlangsung, Rabu (22/05/2024) siang, sekira pukul 11.00 WIB, setelah beberapa hari dikabarkan miring.

 

Jembatan ini menjadi salah satu akses terdekat warga sejumlah desa di Kecamatan Tebingtinggi Barat, menuju Selatpanjang, Pusat Kabupaten Kepulauan Meranti.

 

Sementara akses alternatif hanya melalui Desa Tenan, jalur darat, dengan jarak tempuh mencapai belasan kilometer.

 

Kabar diterima RiauPos.co, sebelum jembatan yang dibangun sejak 2002 ini runtuh, lokasi kejadian telah mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian.

 

Warga dilarang melewatinya. Beruntung atas kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

 

Seperti diterangkan oleh Kepala PUPR Kepulauan Meranti Fajar Triasmoko sudah memantau kondisi ini jauh hari sebelum kejadian.

 

Namun karena wewenang dan fungsi perawatan berada di tangan Pemerintah Provinsi Riau, ia mengaku bahwa Pemkab Meranti, belum mampu berbuat banyak.

 

Namun setelah kejadian ini, Fajar menerangkan tetap berupaya maksimal dalam mengatasi persoalan terkait, mengingat ada sejumlah desa yang bakal terisolir.

 

"Kami akan bersurat kepada Pemprov Riau agar pembangunan atau perbaikan segera mendapat prioritas. Jika bisa kami akan mengusulkan penggunaan anggaran bencana biar bisa ditangani dengan segera," ujarnya.

 

 

Laporan : ZAINI