Peresmian Pembukaan Gelanggang Seni Silat Iman Desa Mengkopot Kecamatan Tasik Putri Puyu.

MERANTI, DELIKNEWS24.COM - Acara pencak silat memang merupakan salah satu Kegiatan yang bernuansa Adat dan kebudayaan melayu Riau yang memang sudah dikenal dan menjadi warisan turun menurun.

Kebudayaan ini juga merupakan peninggalan sejak pada masa zaman kerajaan dan kesultanan, di Republik Indonesia , kini sangat disayang kan bahwa pecak silat di Negeri ini seakan sirna dan hilang di Ditelan masa. 

Seni silat iman terdiri dari beberapa jenis Silat yang dikolaborasi hingga menjadi seni silat iman yang terdiri dari silat Punian ,silat damun beruk, silat saulin, silat inkai dan silat cimande yang dijadikan satu menjadi seni silat iman.

Turut hadir dalam acara tersebut selain dari para anggota dan pengurus seni silat iman, juga dihadiri PJ Kepala Desa Mengkopot Rusli serta para sesepuh, tokoh masyarakat, alim ulama dan para anak-anak remaja yang bedomisili di Didesa tersebut. 

Dalam sambutan PJ Kepala Desa Mengkopot Rusli, memaparkan beberapa hal terkait dilaksanaya acara ini, terutama kita mengetahui bahwa apapun jenis silat itu merupakan adat dan budaya kita di tanah melayu ini, untuk itu mari kita dukung sepenuh nya agar pecak silat di Desa ini dapat tampil dengan baik, dan dengan kesempatan ini juga saya menghimbau kepada anak-anak remaja untuk dapat menjadikan silat ini sebagai olah raga belala diri yang bermanfaat sekaligus mendorong agar adat dan budaya melayu tidak hilang di telan zaman ,demikian ucalan Rusli. 

Di kesempatan yang sama Ketua umum seni silat iman Muhamad Ali, KS , ketika dikonfermasi oleh media Delik News24, Com saat berada di lokasi gelanggang Minggu malam 16/06/2024 , terkait peresmian gelanggang seni silat iman, ia mengatakan bahwa "pertama saya secara pribadi maupun organisasi silat Iman ini mengucapkan terima kasi yang sebesar-besarnya, terutama kepada pj Kepala Desa Mengkopot, karena dengan dukungan dan suport beliau maka acara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, kemudian terima kasih juga buat para sesepuh, tokoh masyarakat yang hadir serta kaum remaja.

Memang masalah gelanggang silat ini sudah lama kami berencana untuk membuka dan meresmikanya karena bertujuanya agar anak-anak dan pemuda dapat terpokus pada persoalan mental dan kedisipilinan, dimana selama ini kita melihat keberadaan anak-anak remaja hanya terpokus pada hal-hal yang kurang bermanfaat , yang jelas seperti terhadap Hp yang bisa merusak repotasi anak-anak remaja" Jelasnya.

Ia menambahkan karena baru kali ini ada kesempatan serta mendapat suport serta dukungan dari semua para sesepuh, tokoh masyarakat adat di Kecamatan Tasik Putri Puyu ini, dan dengan kesempatan ini juga sekali lagi saya mengucapkan Banyak terima kasih pertama terhadap, semua yang hadir yang sudah memberi kan andel dan kerja keras atas terlaksananya acara ini dengan penuh suka rela tanpa ada embel-embel. Kemudian tambahnya sebagai pelati ditujuk kepada saudara Firdaus karena beliau merupakan salah satu murid terbaik di seni silat iman ini, kemudian asisten pelatih anak kami Azlan bin Daus dan adik kami Oci, sementara tempat yang diresmikan sebagai gelanggang adalah tanah milik teman kami dengan luas 30m x 20m berada di gang samping jalan poros Desa Mengkopot ini ,demikian tutup Muhamad Ali. KS. (Rls)

Laporan : Zaini. M